5 Cara Memilih Foundation yang Cocok Untuk Kulit Wajah Anda

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok Untuk Kulit Wajah Anda

Jenis kulit dan warna dasar kulit setiap orang berbeda-beda, maka dari itu setiap orang akan membutuhkan jenis dan warna foundation yang berbeda juga. Hal ini patut diperhatikan, karena jika Anda salah memilih jenis dan warna foundation, warna kulit wajah Anda akan terlihat tidak merata, flek hitam tidak tertutup sempurna, atau malah membuat kulit wajah terlihat kusam dan jadi muncul jerawat.

Maka dari itu, kenalilah terlebih dahulu jenis kulit Anda, apakah normal, kering, atau berminyak. Lalu perhatikan warna dasar kulit wajah Anda. Mengetahui jenis kulit dan warna dasar kulit wajah dengan baik akan memudahkan Anda untuk memilih foundation yang tepat. Lebih lengkapnya, inilah 5 langkah atau cara memilih foundation yang paling cocok untuk kulit wajah Anda:

Ketahui Jenis Kulit

Setiap orang memiliki masalah kulitnya sendiri. Ada yang kulitnya kering, berminyak, normal, dan ada juga yang gabungan seperti normal cenderung kering atau normal cenderung berminyak. Biasanya dalam kemasan produk foundation sudah dicantumkan, foundation mana yang cocok untuk kulit berminyak atau yang cocok untuk kulit berjerawat. Hal tersebut akan lebih memudahkan Anda dalam memilih foundation yang paling tepat. Kalaupun keterangan tidak dicantumkan pada kemasan foundation, Anda dapat mendiskusikan pemilihan jenis foundation pada shop keeper, atau jika di sana ada beauty advisor, lebih baik lagi.

Pilih Tekstur Foundation

Tekstur foundation ada yang padat, cair, gel, cream, hingga powder. Tekstur berbeda maka fungsinya pun berbeda juga. Berikut adalah penjabaran dari fungsi-fungsi foundation tersebut:

  • Foundation padat: Sangat tepat digunakan untuk kulit berminyak.
  • Foundation cair: Cocok sekali untuk kulit kering karena memberi efek melembabkan. Tapi, foundation cair juga cocok untuk kulit normal dan normal cenderung kering ataupun berminyak, karena formulasinya sangat ringan dibandingkan foundation tekstur lainnya.
  • Foundation gel: Cocok untuk kulit kering dan normal cenderung kering, karena teksturnya agak mirip dengan foundation cair. Foundation ini dapat digunakan untuk kulit berjerawat.
  • Foundation cream: Bentuknya mirip foundation padat, hanya saja testurnya lebih creamy dan empuk. Namun ada juga yang bentuknya benar-benar seperti krim. Tekstur foundation cream ini cocok untuk segala jenis kulit, hanya saja biasanya digunakan oleh orang yang telah mengalami tanda-tanda penuaan. Hal ini dikarenakan foundation cream sangat baik dalam menutupi flek hitam.
  • Foundation powder: Agak mirip dengan bedak tabur, hanya saja kemampuan meng-cover-nya lebih baik daripada bedak. Tekstur foundation yang satu ini cocok untuk kulit berminyak.


Kenali Warna Dasar Kulit


Langkah pertama cara memilih foundation yang tepat adalah dengan mengetahui warna dasar kulit Anda, karena akan mempengaruhi warna foundation yang paling cocok untuk Anda. Warna dasar tidak ditentukan melalui warna kulit yang terlihat, seperti lebih terang atau lebih gelap, melainkan dikategorikan menjadi tiga dengan warna pembuluh darah sebagai pembandingnya, yaitu: cool, warm, dan neutral.

Warna dasar kulit cool untuk orang dengan pembuluh darah berwarna biru. Warna dasar kulit warm untuk orang dengan pembuluh darah berwarna hijau. Terakhir, warna dasar kulit neutral untuk orang dengan pembuluh darah yang tidak terlalu berwarna biru maupun hijau.

Biasanya, jika terpapar sinar matahari, kulit wajah pemilik warna dasar kulit cool akan terlihat merah muda. Dan untuk pemilik warna dasar kulit warm, warna kulitnya akan terlihat bronze.

Pilih Warna Paling Mirip

Setelah mengenali warna dasar kulit Anda, apakah cool, neutral, atau warm, langkah cara memilih foundation selanjutnya adalah dengan memilih foundation dengan warna yang paling mirip dengan warna dasar kulit Anda.

Janganlah memilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih gelap atau lebih cerah dari warna dasar kulit Anda, apalagi jika warnanya jauh lebih gelap atau terang. Karena, jika Anda memilih foundation yang warnanya jauh dengan warna dasar kulit, nantinya saat dipakai kulit Anda akan terlihat belang dengan bagian kulit Anda yang lain seperti leher dan tangan.


Dapat dilihat pada gambar di atas, jika warna dasar kulit Anda cool atau cenderung pucat, maka pilihan warna foundation yang cocok adalah yang memiliki shade warna pink hingga merah. Jika warna dasar kulit Anda neutral,maka  pilihan warna foundation yang cocok adalah yang memiliki shade warna cokelat natural, pilihan ini cocok juga untuk kulit sawo matang.

Terakhir, jika warna dasar kulit Anda warm, maka pilihan warna foundation yang cocok adalah yang memiliki shade warna kuning hingga cokelat muda, pilihan ini cocok juga untuk kulit gelap.

Coba Langsung pada Wajah

Sering kali jika Anda berkunjung ke counter make up di mall ataupun di toko kosmetik lainnya, Anda akan diberikan tester foundation pada tangan Anda. Hal ini kurang efektif, karena warna kulit tangan berbeda dengan warna kulit wajah. Maka dari itu, cobalah foundation langsung pada kulit wajah Anda.

Pertama-tama, hapus dulu make up Anda di sekitar pipi atau dagu. Setelah itu, oleskan foundation secukupnya pada pipi atau dagu yang telah bersih dari make up. Anda juga bisa bertanya kepada shop keeper atau lebih baik lagi bertanya pada beauty advisor di sana jika ada, mereka dapat membantu Anda memilih warna foundation yang paling tepat sesuai dengan warna dasar kulit Anda.

Itulah 5 cara memilih foundation yang paling cocok untuk kulit Anda. Semoga cara memilih foundation ini bermanfaat untuk Anda.


Dilansir dari Bacaterus.com - Syuri Kho

Artikel asli

www.hellobeauty.id